Jerome Polin Ungkap 2 Perbedaan Sistem Pendidikan Indonesia oleh Jepang

Info seputar SGP Hari Ini 2020 – 2021.

Suara. com – Nyaris empat tahun sudah Jerome Polin Sijabat, seorang YouTuber yang dikenal sebagai Jerome Polin, tinggal di Jepang sebagai mahasiswa ilmu Matematika Terapan dengan beasiswa penuh. Hasilnya, Jerome sedikit banyak sudah cukup mengenal pola pendidikan di Negeri Sakura tersebut.

Dalam acara Live Instagram bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Senin (29/3/2021), Jerome blak-blakan mengenai beberapa perbedaan sistem pendidikan di Jepang dan di Indonesia, khususnya terkait kemandirian. Apa saja, berikut rangkumannya!

Jerome Polin Saat Lakukan Tes Saliva Covid-19 di Jepang (Instagram/Jerome Polin)

Bukan ada petugas kebersihan pada sekolah
Jerome bercerita seluruh sekolah lalu universitas di Jepang tidak memiliki petugas kebersihan yg membersihkan ruang kelas, toilet hingga kantin. Semua tanggung jawab merawat dan membersihkan fasilitas sekolah dilakukan oleh siswa atau mahasiswa di sana.

“Di sekolah itu bagaimana kita harus kita sendiri yang bersihin sekolah, bersihin kantin sendiri, lavatory sendiri, kelas sendiri, semua dibersihin sama siswa sesudah pulang sekolah, ” ungkap Jerome.

Baca Juga: Sekolah Daring Disoal Dede Yusuf: Sekarang Ada Generasi Rebahan Mas Menteri

Aksi dan perilaku yg dilatih oleh sistem sekolah atau pendidikan itu, kata Jerome, telah memengaruhi serta membentuk mental siswa / pelajar di Jepang tuk taat dan disiplin serta patuh menjaga kebersihan. “Itu melatih tanggungjawab dan melatih kerjasama antar teman, ” ungkap Jerome.

Tidak banyak mendapat soal pelajaran
Jerome bercerita, hal tersebut ia rasakan betul saat awal belajar di salah satu universitas Tokyo, Jepang. Jika di Indonesia, ia mengaku terbiasa ‘dijejali’ dengan beragam soal, namun di lembaga tempatnya belajar di Jepang, ia lebih dituntut untuk berpikir kritis.

Sehingga alih-alih diberikan soal, para pengajar juga teman-teman Jerome sesama mahasiswa terbiasa membuat teori dan berpikir dengan konsep ‘kenapa’ dan ‘bagaimana’.

“Mereka terbiasa kerjain esai, terbiasa kenapa dan kenapa. Saya sendiri kaget saat kuliah di sini (Jepang) dan melihat mereka, betapa mudahnya keluarkan pertanyaan / opini yang itu benar-benar didukung fakta tertentu serta keren banget, ” tuturnya.

Bagaimana, tertarik melanjutkan pendidikan di Negeri Matahari Terbit seperti Jerome ‘Mantappu Jiwa’ Polin Sijabat?

Baca Juga: Raker dengan DPR, Mendikbud Nadiem: Bukan ke Saya kalau Mau Buka Sekolah

Related Posts

kebaya-lyodra-ginting-terbaik-dan-berita-terpopuler-lainnya-5

Kebaya Lyodra Ginting Terbaik serta Berita Terpopuler Lainnya

Suara. com – Saat foto pre wedding tetap akan selalu diingat sebab hampir setiap pasangan. Tapi, foto pasangan yang kepala ini justru membuat netizen tertawa ngakak. Sementara tersebut, meski mulanya sempat diremehkan, kebaya Lyodra Ginting ternyata jadi yang terbaik dalam acara ini. Dua kabar tadi merupakan berita terpopuler di kanal lifestyle Pandangan. com. Berikut berita terpopuler lainnya.

wild-panda

Mainkan Slot Online Bikin Bahagia

Apakah Kita pernah bertanya-tanya apa sebab beberapa orang begitu sering bermain perangkat slot sementara secaraRead More

463698_010615-ap-lottery-tickets-img

Cari Tiket Data HK Internet Dan Tilikan Pendapatan

Mereka menghiraukan jika mereka menetap, tepat sebelum itu menyadarinya, terjadi longsoran moneter! Lotre spesies lainRead More

Comments are Closed